Main Ski di Niseko - Hokaiddo (Japan Part 10)

9:31:00 AM

Di musim salju, Hokkaido menjadi tujuan wisata paling ramai, letaknya yang berada di paling utara Jepang membuatnya memiliki musim salju yang lebih lama.



"Hokaiddo has the best snow powder for skiing in the world" itu kata timeline yang beredar. Salah satu tujuan utama gue dateng ke Jepang memang untuk bisa sampai ke Hokkaido melalui jalur darat.

"paling beli tiket pesawat cuma berapa Tokyo - Hokaiddo, dibanding lo berjam-jam duduk di kereta".
That's what most of tourists said !

Tapi itu kata turis, seperti yang gue bilang "talking about traveling is talking about the process of the journey". Gue bahkan lebih suka berjam-jam perjalanan darat tapi gue bisa lebih dekat dan mengerti tentang sistem dan lokalitas sebuah negara dibanding menggunakan cara instan.

That's why i decided to go from Tokyo to Hokkaido by train for 30 hours in return 
Shin-Aomori Station at 06.00 AM
Selama 15 jam perjalanan kita akan berpindah sebanyak 4 kereta, karena gak ada direct train. Jadi harus sambung-menyambung kereta luar kota dan lokal, tentunya juga dengan menyocokkan waktu tiba dan waktu transfer.

Gak sesulit yang dibayangkan, karena Jepang menyediakan website www.hyperdia.com, disini kita bisa tau kalo mau ke tujuan kota apa harus transit dimana dan jam berapa.
Tinggal ketik From dan To nya, search engine nya langsung calculate rute yang kita mau. Canggih !

Rute Tokyo - Hokkaido adalah sebagai berikut :

- Tokyo Station to Shin-Aomori Station (Shinkansen (3 hours)
- Shin-Aomori Station to Aomori Station  (LTD. EXP Train (6 minutes)
- Aomori Station to Sapporo Station (EXP HANAMASU ( 8 hours)
- Sapporo Station to Niseko Station (JR Hakodete Line ( 3 hours)


Notes : 

- setiap hari rute ini akan berubah, jadi gak bisa ikutin rute diatas terus, semunya tergantung kalkulasi jadwal dari hyperdia.com. 
- hati- hati pada setiap kereta transfer, karena dari satu stasiun ke stasiun lain pindah kereta cuma punya waktu 3-5 menit, jadi kalau bisa jangan terlambat, karena kalau terlambat kita gak bisa nunggu kereta selanjutnya, yang ada ubah rute semua dari awal.


Niseko dan Furano Ski resort termasuk dalam kategori memilik snow terbaik untuk skii di dunia. Gak boleh di lewatin, gue juga harus coba main ski di Niseko Ski Resort ( tempat ski yang sudah biasa digunakan untuk arena olimpiade olahraga Skii)

Pertama kalinya coba main ski, dan gue merasa kaya orang paling bego sedunia. HAHA. Gimana engga, ngeliat anak-anak kecil yang udah pada mahir seluncuran sana-sini, yang paling ngenes ngeliatin mereka ngetawain gue yang jatoh berkali-kali.pffttt..


Keluar fitting room dengan kostum ski lengkap, ngerasa paling keren, padahal angkat sepatu aja udah kaya robot (sumpah sepatu ski berat banget). Baru sepatunya belum ngendaliin papannya.
Foto lengkap sebelum tercerai berai, ada yg nyangkut di pohon, ada yg duduk aja ga bisa berdiri, ada yg pegangan pager doang.
Begitu nginjek papan dan dengan nekatnya coba meluncur untuk pertama kalinya........gue nabrak pohon dengan bentuk jatoh yang sangat memalukan, sampai dibantuin orang buat berdiri.
Hampir give up, buat berdiri aja susah, harus butuh bantuan orang.
Coba lagi yang kedua kalinya, malah nubruk orang sambil teriak "aaaaaaa help !" 


Lumayan trauma ngesot keseret es 300 meter sampe kulit pada kebeset sana-sini, gue coba jalan pelan-pelan, ternyata jalan pelan malah bikin tumit nahan lebih sakit. Karena gue gak mampu buat nyewa skii guide yang mahal, akhirnya gue ngeliatain aja sekelompok orang disamping yang lagi diajarin tahap-tahap main ski sm pengajarnya.

Tips Bermain Ski


1. Meluncur tanpa ragu
2. Gunakan kedua tongkat di tangan untuk menahan saat kita dalam keadaan berhenti, tahan tongkat di perut, karena bediri tanpa pegangan adalah hal yg impossible, jadi tumpuan ada pada kedua tongkat tersebut.
3. Gak ada rem pada papan ski, jadi untuk mengerem kita hanya butuh gesture tubuh, rapatkan kedua paha membentuk huruf A, betis ke bawah dilebarkan, hal ini bisa bikin ritme meluncur kita akan semakin pelan.
4. Terus mencoba, jangan takut jatuh, you know "practices make perfect, right?" semakin nyoba feeling untuk mengendalikan ritme meluncur akan semakin muncul.
5. Sudah bisa meluncur dan ngerem dengan sempurna ? selamat ketagihan main skii ya ! :)


Ga mungkin dong kalo gue udah ngasih tips tapi gue gak berhasil meluncur dengan sempurna ? Yep !! setelah jatoh 5 kali dan keseret diatas salju paling jauh 500 meter gue akhirnya berhasil meluncur dan ngerem dengan benar !! hahaha ini bisa liat videonya yang agak blury, tapi beneran kok itu gue !! *bangga*



yang paling susah saat bermain ski yaitu ngerem dengan sempurna, but finally i did it !! 

Pengalaman pertama main ski mungkin akan sulit buat tipe orang yang bukan "selalu penasaran", karena jujur gue agak give up di tengah-tengah, begitupun temen-temen gue yg udah pada give up akhirnya diem aja tanpa meluncur. Tapi engga buat gue.
Udah hampir give up bisa meluncur tapi ga bisa ngerem, mendingan tiduran aja diatas es deh.

"Trying the new thing is not only fun for me but it is also challenging". Jangan pernah mau rugi dan buat apa yang sudah lo keluarkan menjadi worth it karena...

"Gak ada yang gak bisa di dunia ini, masalahnya cuma satu, "kamu mau ga ?"



Notes :

- Total biaya untuk sewa alat ski dan kostum di Niseko Ski Resort yaitu 8000yen.
- biaya untuk naik lift nya yaitu tambah 4000 yen, tapi kalau gak naik lift boleh, jadi kita hanya bayar sewa alat ski dan kostum aja.


cheers,
Kadekarini





You Might Also Like

0 comments